Budi Gunadi Sadikin. ©2020 Merdeka.com
Mama Tangkas - Menteri Kesehatan, Budi Gunadi Sadikin, menduduki peringkat kedua untuk kategori Menteri Terpopuler di Media Digital dari Anugerah Humas Indonesia (AHI) 2021. Selain itu, Kementerian Kesehatan juga mendapat peringkat yang sama.
Sekali lagi kami sampaikan terimakasih atas apresiasi yang diberikan oleh AHI. Penghargaan yang diberikan kepada Kemenkes tentunya menjadi amanah dan tantangan bagi kami agar lebih baik dalam mengelola informasi publik ke depannya,'' kata Kepala Biro Komunikasi dan Pelayanan Masyarakat Kementerian Kesehatan RI Widyawati, dikutip laman kemkes.go.id, Jumat (24/9/2021).
Penghargaan dibagi menjadi beberapa kategori
AHI merupakan kompetisi berdasarkan penjurian dan pemantauan media untuk agenda keterbukaan informasi publik bagi seluruh lembaga publik di Indonesia. AHI tahun ini diikuti oleh 107 lembaga publik di Indonesia.
Secara keseluruhan, penghargaan tersebut terbagi dalam beberapa kategori, yaitu kategori perguruan tinggi, BUMD dan perusahaan daerah layanan publik, BUMN, Kementerian, lembaga, pemda, serta tokoh.
Penilaian dari media online lokal, nasional, internasional maupun dari media sosial
Penilaian dilakukan mulai 1 Januari hingga 30 Juni 2021 dari 7.015 sumber media online lokal, 962 sumber media online nasional, 2.338 sumber media online internasional serta dari media sosial Facebook, Twitter, Instagram, dan Youtube. Data ini kemudian dikumpulkan untuk dievaluasi oleh juri pada 26 Agustus-2 September 2021.
Kriteria penilaian dibagi menjadi 2 yaitu tokoh dan organisasi. Untuk kategori angka berdasarkan ekspose, komunikasi, interaksi, kepemimpinan dan kebijakan, sementara penilaian organisasi mencakup ekspose, komunikasi, interaksi, kinerja dan prestasi.
Fungsi strategis media digital dapat menjadi media pendidikan
Pencapaian ini tidak terlepas dari kolaborasi dan inovasi yang dilakukan oleh Humas Kemenkes untuk mempermudah akses bagi seluruh masyarakat untuk memperoleh informasi yang akurat, aktual, terpercaya, khususnya terkait penanganan pandemi COVID-19 di Indonesia.
Fungsi strategis media digital kemudian digunakan sebagai sarana untuk menghasilkan berbagai konten yang diharapkan dapat menjadi media edukasi dan sosialisasi kepada masyarakat untuk meningkatkan kesadaran dan pemahaman akan pentingnya pencegahan penularan COVID-19.
Apresiasi untuk semua instansi
Founder & CEO PR Indonesia Group, Asmono Wikan, mengapresiasi seluruh instansi yang telah berkomitmen untuk terus menghadirkan berbagai inovasi guna meningkatkan pengelolaan informasi publik yang lebih baik.
“Kami mengucapkan selamat kepada anda para pemenang, dan juga menyampaikan terima kasih yang tidak terhingga kepada anda yang telah mengikuti Anugerah Humas Indonesia 2021,” ujarnya.
0 comments: