Ini Cara Bikin Hand Sanitizer Murah dan Mudah di Rumah Siti Fatimah - detikNews 0 komentar SHARE      URL telah disalin F...

Ini Cara Bikin Hand Sanitizer Murah dan Mudah di Rumah

Closeup of a hand pouring sanitizer in the other, isolated on white background.
Foto: Ilustrasi (Getty Images/lightmax).
Bandung - 
Hand sanitizer (antiseptik) di pasaran mengalami kelangkaan semenjak merebaknya virus Corona atay Covid-19. Selain langka, harganya pun melambung. Namun masyarakat tidak perlu risau karena pembersih tangan ini bisa dibuat sendiri di rumah.
Bahan-bahan yang digunakan cukup mudah didapatkan yaitu alkohol 70 persen, minyak nabati, air mineral, aroma, dan CMC (Carbo Methyl Cellulose) atau bahan pengental makanan yang bisa didapatkan di toko-toko. Apabila tidak menemukan CMC bisa diganti dengan tepung tapioka.
"Langkah pertama untuk membuat hand sanitizer gel, siapkan dalam satu wadah dua sendok makan CMC dan sepuluh sendok makan alkohol 70 persen. Kedua bahan itu diaduk sampai merata," kata Wakil Dekan Fakultas Kedokteran Universitas Pasundan Trias Nugrahadi saat dihubungi detikcom, Selasa (17/3/2020).
Selanjutnya, jelas dia, setelah mencampurkan kedua bahan di atas dilanjutkan dengan menambahkan lima sendok makan air mineral. Diaduk secara merata hingga membentuk gel padat, kemudian ditambah beberapa volume sisa alkohol 70 persen.
Trias menambahkan catatan apabila alkohol 70 persen tidak ditemukan, bisa menggunakan alkohol 96 persen, "Tapi harus diencerkan terlebih dahulu menggunakan air mineral, agar konsentrat alkoholnya berkurang," jelasnya.
Sampai ditahap ini, Trias yang berkonsultasi dengan Guru Besar ITB Prog Nyoman Pugeg juga menambahkan minyak nabati ke dalam resep hand sanitizer. Minyak nabati sejak zaman nenek moyang dulu memiliki banyak manfaat, dalam hal ini hand sanitizer yang dibuat dapat memberikan efek lembut di kulit.
"Beberapa pilihan minyak nabati yang mudah didapat di pasaran ada olive oil, VCO (minyak kelapa), minyak sayur, minyak zaitun, dan lain-lain." Katanya.
Untuk hasil yang lebih maksimal, bisa menambahkan beberapa tetes aroma agar hand sanitizer yang dibuat tidak hanya lembut tapi juga wangi. Varian aroma yang biasa digunakan seperti aroma kayu putih, citronella, dan aroma aneka bunga, bisa juga mencari jenis aroma sesuai dengan keinginan. Tahap terakhir seluruh bahan di campur sampai lembut dan siap digunakan.

0 comments: