Proses peralihan pemerintahan di Amerika Serikat dari Presiden Donald Trump ke penggantinya Joe Biden dimulai pada Senin (23/11) waktu se...

BIDEN MULAI TRANSISI, DONALD TRUMP TETAP MERASA MENANG

  


Proses peralihan pemerintahan di Amerika Serikat dari Presiden Donald Trump ke penggantinya Joe Biden dimulai pada Senin (23/11) waktu setempat, meski Presiden Trump masih belum mengakui kekalahannya dalam pemilihan presiden AS.


Transisi kepemimpinan di AS

Donald Trump mengatakan dia akan membantu upaya transisi untuk mentransfer kekuasaan

Pihak berwenang berharap transisi ini akan membantu AS mengatasi pandemi COVID-19

Joe Biden telah mencalonkan beberapa pejabat penting termasuk Menteri Luar Negeri


Dalam sebuah postingan di Twitter, Presiden Trump mengatakan dia telah memerintahkan timnya untuk bekerja dengan tim Biden dalam proses transisi, meskipun dia mengatakan akan tetap memperjuangkan tantangan hukum.

Keputusan mengenai proses transisi ini diumumkan oleh sebuah badan bernama General Services Administration (GSA) melalui Admin Officer-nya Emily Murphy.



GSA dalam sistem pemerintahan di Amerika Serikat adalah lembaga yang menangani urusan pembelian barang untuk pemerintah dan pendistribusian penggunaannya. Dengan keputusan dari GSA, tim Joe Biden akan dapat menggunakan fasilitas pemerintah untuk mempersiapkan kekuasaan presiden baru yang akan berlaku pada 20 Januari 2021. Dalam sebuah pernyataan di Twitter, Presiden Trump mengatakan dia setuju dengan keputusan GSA, meskipun dia mengatakan dia masih yakin akan memenangkan pemilihan.


"Saya yakin kami akan berhasil."

"Tapi demi kepentingan negara ini, saya merekomendasikan Emily dan timnya melakukan apa yang perlu dilakukan sehubungan dengan protokol awal dan saya memberi tahu timnya untuk melakukan hal yang sama." Kata Trump di Twitter. Keputusan GSA diambil setelah beberapa negara bagian meratifikasi kemenangan Biden dan gugatan dari kubu Trump ditolak oleh pengadilan.


Pada hari Senin, negara bagian Michigan menyatakan Biden menang di sana, sementara seorang hakim federal di Pennsylvania menolak gugatan dari pihak Trump pada hari Sabtu. Keputusan GSA tersebut disambut baik oleh Yohanes Abraham, Direktur Eksekutif tim transisi Biden. “Keputusan ini diperlukan untuk mulai mengatasi tantangan yang dihadapi negara kita, termasuk mengendalikan pandemi, dan mengembalikan perekonomian kita ke jalur yang benar,” katanya.




0 comments: