Mahasiswa KKN (Kuliah Kerja Nyata) Universitas Negeri Malang menjalankan program kerja rebranding guna meningkatkan kualitas produk UMKM ...

MAHASISWA UM TINGKATKAN KUALITAS PRODUK DENGAN REBRANDING PRODUK UMKM

  


Mahasiswa KKN (Kuliah Kerja Nyata) Universitas Negeri Malang menjalankan program kerja rebranding guna meningkatkan kualitas produk UMKM desa wonorejo.

Dalam rangka membantu untuk membangun Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Desa Wonorejo, Singosari, mahasiswa KKN (Kuliah Kerja Nyata) Universitas Negeri Malang tengah menjalankan program kerja rebranding yang bertujuan untuk meningkatkan kualitas produk UMKM desa wonorejo.

Beberapa produk UMKM yang telah terdapat di Desa Wonorejo, antara lain teh kelor, kelor instan, batik, sirup kelor, opak gambir. Desa Wonorejo yang biasanya disebut juga Desa Kelor, maka wajar saja apabila produk-produk yang disuguhkan pun berbahan kelor.

Pada tanggal 28 September 2020 mahasiswa KKN UM tengah melakukan kunjungan UMKM dalam pertemuan kelompok kerja. Pertemuan tersebut juga tampak dihadiri oleh Camat Singosari. “Saya bangga dan terimakasih adik-adik mau berkunjung ke desa-desa di kecamatan kami, kita punya potensi desa yang hebat inilah yang perlu dikembangkan ke depannya,” ucap Camat Singosari.

Berdasarkan wawancara dengan pihak desa, untuk permasalahan dari produk adalah desainnya yang terlihat kurang menarik, maka dari itu kami telah memberikan solusi untuk mendesain ulang kemasan yang sedang digunakan. Kami telah memberikan solusi untuk membuatkan desain dari kemasan yang digunakan. 

Di sini mahasiswa KKN telah membantu untuk pembuatan kemasan produk teh kelor dan batik kelor mulai dari logo, label, sampai dengan kemasan. Mahasiswa KKN ini berkeinginan untuk membantu kelompok UMKM di Desa Wonorejo agar bisa berkembang dan dapat bersaing di pasaran dengan membuat tampilan produk yang lebih menarik dan kekinian.



Dengan membuat kemasan suatu produk usaha agar bisa dikenali identitas bisnisnya tersebut yaitu berasal dari logo, kualitas, dan sebagainya. Sementara untuk kemasan yang menarik bisa dijadikan ciri khas dari sebuah produk agar terlihat berbeda dengan produk lainnya.

Dengan kedatangan mahasiswa KKN UM yang mencoba untuk rebranding produk ini disambut dengan baik oleh para pemilik produk UMKM di Desa Wonorejo. Seperti Ibu Waseni selaku pemilik produk UMKM, juga memberitahukan mengenai proses pembuatan teh kelor, batik dan juga kelor instan ketika mahasiswa KKN sedang melakukan kunjungan.

Dengan ini diharapkan untuk kelompok UMKM yang berada di Desa Wonorejo agar bisa terus berkembang, produk juga bisa dikenal oleh masyarakat luas, bisa meningkatkan nilai jual dari masing – masing produk UMKM dan yang bertujuan untuk memajukan usaha yang terdapat di Desa Wonorejo. “Semoga dengan rebranding dapat membangun kembali semangat para pegiat UMKM,” juar Gwinny selaku penanggungjawab.



0 comments: