Ilustrasi, sumber foto: jp.fotolia.com Salah satu yang membedakan dunia kampus dan dunia kerja adalah kita tidak lagi dikelilingi oleh ban...

Agar Tak Kelewat Sama Urusan Pekerjaan, Coba 5 Hal Ini Dalam Menjalin Pertemanan Di Kantor

 

Ilustrasi, sumber foto: jp.fotolia.com

Salah satu yang membedakan dunia kampus dan dunia kerja adalah kita tidak lagi dikelilingi oleh banyak orang untuk berinteraksi. Area perkantoran memang dihuni oleh jumlah orang yang lebih sedikit dibandingkan saat kita kuliah. Tak heran jika kita juga cenderung lebih mudah bersosialisasi dan berteman di tempat kerja. Namun berteman di tempat kerja juga cukup rumit, nih. Agar urusan pribadi dan pekerjaan tidak bingung, 5 hal ini harus kamu terapkan.

1. Jangan bergosip

Ngobrol ngalor ngidul sambil istirahat makan siang memang menyenangkan. Namun pastikan materi yang dibicarakan tidak menyentuh isu-isu sensitif seperti siapa yang baru saja dipecat, promosi, kebiasaan atasan dan sejenisnya. Kalau yang kamu bicarakan tidak jauh-jauh dari hal-hal yang umum, tidak apa-apa!

2. Ketahui batas-batas ventilasi

Ketika kita mengalami hari yang buruk, tanpa sadar kita kelepasan curhat sana sini tentang apa yang membuat kita kesal. Jadi, kalau lupa filternya, mungkin kita malah mengatakan hal-hal yang tidak pantas, guys. Jadi, lebih baik menahan emosi dan mengetahui batasanmu.

3. Tidak ada salahnya mengatur waktu pulang tidak terlalu tepat waktu

Saat jam kerja selesai dan kebetulan kita ada acara, otomatis kita mau buru-buru pulang. Sekali atau dua kali mungkin masih terlihat normal, tapi bagaimana dengan frekuensinya? Bisa jadi bahan gosip, lho. Apalagi jika teman-teman di sekitarmu sepertinya masih banyak yang harus dikerjakan, menunjukkan sedikit empati dengan menunggu waktu pulang lebih lama tidak ada salahnya, kok.

4. Berhati-hatilah dengan apa yang kamu posting di media sosial

Sebenarnya ini berlaku untuk semuanya. Tidak hanya di ranah pekerjaan, sebelum mengunggah sesuatu ke dunia maya, ada baiknya untuk selalu memikirkannya terlebih dahulu. Misalnya, kamu sedang kesal dengan rekan kerjamu, jangan buru-buru mengunggah kemarahan di media sosial. Jika statusmu mencapai orang kamu maksud, itu akan menjadi bumerang bagi dirimu sendiri.

5. Peka terhadap lingkungan

Rata-rata kita menghabiskan 1/3 waktu kita di kantor. Jika kita berhasil menemukan teman sejati di tempat kerja, beruntunglah kita! Tapi sedekat apa pun kamu, jangan sampai membuat orang lain merasa tersisih ya. Bersikaplah sensitif!

Konflik yang terjadi dalam suasana kerja tentunya lebih rumit dibandingkan saat kita kuliah. Untuk itu, menerapkan 5 hal di atas akan efektif membantu kita menyelesaikan urusan kita sehingga kita terhindar dari masalah yang tidak perlu bersama rekan kerja.

Situs Bolatangkas Online , Agen Bolatangkas Online , Judi Bolatangkas Terpercaya

0 comments: